Manfaat Chia Seed untuk Anak yang Jarang Diketahui

by | May 20, 2020 | Tips & Trik

Manfaat Chia Seed untuk Anak yang Jarang Diketahui

Manfaat Chia Seed untuk Anak yang Jarang Diketahui

Chia seed merupakan biji-bijian yang booming dikonsumsi oleh orang dewasa karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Siapa sangka ternyata selain bisa dikonsumsi orang dewasa ternyata chia seed juga bisa dinikmati oleh anak-anak lho.  Mau tahu apa saja manfaat baik chia seed bagi sang buah hati? Mari disimak penjelasan di bawah.

Chia Seed merupakan biji-bijian kecil berwarna hitam yang berasal dari Mexico. Chia seed banyak dikonsumsi karena mengandung nutrisi seperti protein, kalsium, omega-3, serat, dan fosfor.

Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat chia seed untuk anak:

1. Mendukung Tumbuh Kembang Anak
Satu sendok makan (± 10 g) chia seed mengandung sekitar 2 g protein. Protein ini penting untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan anak. Protein memiliki manfaat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan membuat sel baru, serta melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri.

2. Menyehatkan Otak Anak
Chia seed memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik meningkatkan kesehatan otak dan kualitas tidur anak. Dua hal ini merupakan faktor pendukung perkembangan anak menjadi cerdas.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Dalam satu sendok makan chia seed memiliki kandungan 5 g serat yang lebih tinggi dibandingkan kandungan serat dalam 1 buah apel lho. Serat ini penting untuk si anak untuk menjaga sistem pencernaannya. Serat berfungsi melunakkan feses agar anak tidak mengalami sembelit.

4. Memperkuat Tulang dan Gigi
Dalam satu sendok makan chia seed juga terdapat 7 mg kalsium dan 2 mg fosfor. Kedua mineral ini berguna untuk membangun dan memperkuat tulang dan gigi anak. Kalsium dan fosfor berperan penting dalam membuat tulang dan gigi si kecil agar tidak keropos dan rapuh.

Nah sekarang sudah tahu kan aneka manfaat yang diberikan chia seed bagi kesehatan anak. Sebagai orang tua kita sudah mulai bisa mengenalkan biji-bijian ini pada makanan si anak.

 

Sumber